Rumus Cara Menghitung Persen (Persentase) dan Diskon

Advertisement

Artikel kali ini akan membahas mengenai rumus dan cara menghitung persen serta cara menghitung diskon dari sebuah permasalahan soal. Pada sebuah soal matematika tidak jarang soal meminta hasil perhitungan dalam bentuk persentase. Tapi terkadang masih ada yang bingung dan mungkin lupa dengan rumus dan cara – caranya.

Cara Menghitung Persen

cara menghitung persen

cara menghitung persen

Misalkan saja kita memiliki soal dengan kasus seperti ini :

Ani memiliki sebuah kue yang telah di bagi sebanyak 10 bagian sama besar. Kue ini merupakan kue ulang tahunnya yang ia bagikan kepada teman – teman di kelasnya. Ada tiga teman Ani yang ikut memakan kue tersebut. Mereka adalah Andi, Nina, dan Dandi. Andi memakan 3 potong kue, Nina memakan 2 potong kue, dan sisanya di makan oleh Dandi. Berapakah persentase dari kue yang mereka makan masing – masing ?

Nah dari contoh kasus seperti berikut kita bisa menentukan persentase nya. Pertama yang perlu teman – teman ketahui adalah bentuk umum dari rumus cara menghitung persen adalah sebagai berikut :

Rumus menghitung Persentase

Persentase = (Jumlah Bagian / Jumlah Keseluruhan) x 100%

Maksud dari jumlah bagian adalah jumlah dari bagian yang akan kita cari persentase nya. Sedangkan maksud dari jumlah keseluruhan adalah jumlah dari semua bagian – bagian yang ada.

Dari contoh kasus yang telah ada di atas, kita bisa memastikan jika jumlah keseluruhan dari potongan kue adalah 10. Untuk jumlah bagian Andi adalah 3, jumlah bagian Nina ada 2, dan jumlah bagian Dandi adalah sisanya yaitu 5. Maka kita bisa menghitung persentase bagian ketiganya dengan cara berikut :

Persentase bagian Andi = (Jumlah bagian / jumlah keseluruhan) x 100%

Persentase bagian Andi = (3 / 10) x 100%

Persentase bagian Andi = 0,3 x 100%

Persentase bagian Andi = 30%

Nah begitu pula dengan bagian – bagian yang lain, tinggal kita ganti angka – angkanya.

Persentase bagian Nina = (2 / 10) x 100 %

Persentase bagian Nina = 20%

Persentase bagian Dandi = (5 / 10) x 100 %

Persentase bagian Dandi = 50%

Jika teman – teman perhatikan, jumlah dari persentase semua bagian haruslah 100%, jika tidak pasti ada kekeliruan pada hasil perhitungan persentase teman – teman. Dari contoh soal di atas bisa kita jumlahkan hasil persentase bagian andi, nina, dan dandi yaitu 30% + 20% + 50% = 100%.

Tetapi terkadang soal yang di berikan tidak sesederhana contoh kasus di atas. Biasanya ada soal yang diminta untuk mencari bagian yang tidak diketahui dengan menggunakan persentase yang sudah di ketahui atau ada soal dengan bentuk lainnya. Yang harus teman – teman lakukan adalah memahami konsep soal, saya yakin teman – teman akan bisa memecahkan soal semacam itu.

Cara Menghitung Diskon

Lalu bagaimana cara menghitung diskon? Caranya sangatlah mudah. Misal ada contoh soal seperti berikut :

Diketahui sebuah baju kemeja mempunyai harga sebesar Rp 250.000. Kemeja tersebut mendapatkan harga diskon sebesar 10 %. Jadi berapakah harga yang harus dibayar untuk membeli satu kemeja tersebut?

Jawab :

Diskon = Harga awal x persen diskon

Diskon = 250.000 x 10 %

Diskon = 250.000 x 10/100

Diskon = 25.000

Harga yang harus dibayarkan = Harga awal – Diskon

Harga yang harus dibayarkan = 250.000 – 25.000

Harga yang harus dibayarkan = Rp. 225.000

Nah sekian pembahasan dari saya mengenai cara menghitung persen dan diskon, semoga artikel ini bisa membantu teman – teman dalam memahami cara menghitung persentase ya.

Advertisement
Rumus Cara Menghitung Persen (Persentase) dan Diskon | agenthrn | 4.5