Rumus Cara Menghitung Luas dan Keliling Layang – Layang

Kali ini kita akan membahas mengenai rumus luas dan keliling layang – layang. Sebelum pembahasan saya mau tanya, apa yang terlintas di benak kalian mengenai bangun datar layang – layang? ya betul yaitu layang – layang yang biasa kita terbangkan.

Sesuai dengan nama nya, bangun datar ini memang berbentuk layang – layang. Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan tentu nya berbentuk simetris. Bisa anda lihat gambar bangun ruang layang – layang di bawah ini :

rumus luas dan keliling layang - layang

gambar bangun datar layang – layang

Nah, seperti itu lah gambar nya. Lalu apa yang membedakan layang – layang dengan belah ketupat ? Perbedaan nya jelas terlihat dari panjang sisi nya. Jika layang – layang memiliki dua pasang sisi yang simetris, maka belah ketupat merupakan bangun datar yang semua sisi nya simetris alias sama panjang. Jadi ibarat layang – layang tetapi bentuk nya kotak. Bisa di lihat pada gambar di atas, kalau belah ketupat maka panjang sisi A akan sama dengan panjang sisi B.

Rumus Luas dan Keliling Layang – Layang

Oke, mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai rumus layang – layang ini. Untuk menghitung luas dan keliling layang – layang, kalian bisa perhatikan rumus di bawah ini :

Rumus Keliling Layang – Layang

Untuk rumus nya sangat mudah. Kalian tinggal menjumlahkan semua sisi yang terdapat pada bangun datar layang – layang. Tetapi berhubung layang – layang memiliki dua sisi yang simetris, maka rumus nya bisa dipersingkat menjadi seperti berikut :

Keliling = 2 x ( Sisi A + Sisi B)

Untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar di atas mengenai sisi A dan sisi B nya.

Baca juga mengenai rumus luas dan keliling lingkaran

Rumus Luas Layang – Layang

Lalu bagaimana rumus luas nya? Pertama yang harus kalian perhatikan adalah diameter 1 dan diameter 2 dari bangun datar layang – layang ini. Silahkan lihat gambar di atas.

Nah lalu anda dapat menggunakan rumus luas layang – layang di bawah ini :

Luas = 1/2 x diameter 1 x diameter 2

atau biasa disingkat menjadi 1/2 x d1 x d2

Menurut saya, rumus luas dan keliling layang – layang sangatlah mudah untuk di pahami. Tetapi yang perlu teman – teman ketahui adalah terkadang soal yang diberikan tidak semudah yang kita perkirakan. Terkadang mungkin saja salah satu diameter tidak diketahui, jadi teman – teman harus bisa memahami soal untuk mendapatkan diameternya. Yang perlu diingat adalah untuk mencari luas layang – layang, yang harus pertama di lakukan adalah mencari panjang diameter 1 dan diameter 2 nya.

Sekian pembahasan saya mengenai rumus luas dan keliling layang – layang. Semoga bisa di mengerti oleh teman – teman.

Rumus Cara Menghitung Luas dan Keliling Layang – Layang | Coffee Addict | 4.5