Pengertian Bilangan Prima disertai Contoh

Pengertian bilangan prima adalah salah satu materi yang seharusnya telah diketahui oleh semua kalangan pendidikan dan seharusnya telah diajarkan sejak seseorang masih berada di bangku sekolah dasar. Tetapi terkadang masih saja ada yang belum mengetahui apa sesungguhnya pengertian dari bilangan prima itu sendiri. Bahkan ada juga yang mungkin lupa mengenai pengertiannya ini.

Pengertian Bilangan Prima

Pengertian bilangan prima adalah suatu bilangan yang memiliki sifat habis dibagi jika bilangan tersebut dibagi dengan 1 (satu) atau dengan bila dibagi dengan bilangan itu sendiri. Bilangan prima sendiri dimulai dari bilangan satu.

Maksud dari habis dibagi ialah jika kita membagi sebuah bilangan dengan sebuah bilangan, maka akan menghasilkan bilangan yang bulat. Contoh misalkan kita membagi angka 2 dengan 2, maka hasilnya akan satu. Nah itulah yang dimaksud dengan “habis dibagi”. Lalu bagaimana jika tidak habis dibagi?

Misal kita melakukan proses pembagian. Angka yang dibagi adalah 54 sedangkan pembaginya adalah 10. Otomatis untuk mendapatkan angka yang bulat kita hanya dapat membagikan nilai 50 dengan 10 dan menyisakan angka 4.

54 = 5 x 10 + 4

Nah angka 4 tersebutlah yang dimaksud dengan sisa.

Contoh Bilangan Prima

pengertian bilangan prima

Bilangan prima mengandung konsep bilangan yang hanya habis dibagi dengan bilangan itu sendiri dan habis dibagi dengan angka 1. Maksud dari pernyataan tersebut adalah pembagi yang habis membagi bilangan itu adalah bilangan itu sendiri dan angka 1, tidak boleh selain kedua bilangan tersebut, misal :

Bilangan 3 adalah bilangan prima. Alasannya karena bilangan prima hanya bisa habis dibagi dengan bilangan 3 (bilangan itu sendiri) dan bilangan 1.

Bilangan 5 adalah bilangan prima, karena bilangan 5 hanya bisa dibagi dengan bilangan itu sendiri (5) dan bilangan 1.

Lalu bagaimana jika suatu bilangan dapat habis dibagi dengan bilangan lain? Tentu saja itu bukanlah bilangan prima karena telah keluar dari konsep bilangan prima itu sendiri. Contohnya :

Bilangan 10 bukanlah bilangan prima. Alasannya selain karena bilangan 10 dapat dibagi dengan bilangan 10 (Bilangan itu sendiri) dan juga bilangan 1, bilangan 10 juga bisa dibagi dengan bilangan 2 dan 5.

Bilangan 14 bukanlah bilangan prima. Alasannya karena bilangan ini juga bisa dibagi dengan bilangan lainnya, yaitu bilangan 2 dan 7.

Terkadang ada yang menyamakan bilangan prima dengan bilangan ganjil karena memang kebanyakan dari bilangan prima adalah bilangan ganjil. Tetapi yang harus teman – teman ketahui adalah konsep pemahaman tersebut adalah salah karena tidak semua bilangan ganjil adalah bilangan prima. Contohnya adalah bilangan 15 yang dapat dibagi habis dengan bilangan 3 dan 5, dan juga ada bilangan 21 yang dapat habis dibagi dengan bilangan 3 dan 7.

Masih banyak tipe Рtipe bilangan lain yang terdapat pada pembelajaran matematika dan kita akan mempelajarinya secara bertahap. Tetap kunjungilah Gudang Matematika karena kami akan selalu memberikan informasi mengenai rumus matematika terlengkap untuk menemani dan memudahkan teman Рteman dalam mempelajari matematika. Tetap jadikan matematika pelajaran yang menyenangkan. Semoga artikel mengenai pengertian bilangan prima ini bisa membantu teman Рteman dalam memahami bilangan prima.

Pengertian Bilangan Prima disertai Contoh | Coffee Addict | 4.5