Rumus Mencari Keliling dan Luas Segitiga (Sama Sisi, Sama Kaki, Sembarang)

Rumus keliling maupun luas segitiga adalah salah satu rumus yang paling dasar di dalam bidang ilmu matematika. Tetapi rumus tersebut juga bergantung dengan jenis atau bentuk dari segitiga yang akan kita kerjakan, bisa jadi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, atau pun segitiga sembarang.

Segitiga sendiri sesuai dengan namanya adalah sebuah bangun datar yang memiliki tiga sisi. Setiap sisinya bisa saja memiliki panjang yang berbeda – beda sehingga kemudian penamaan segitiga di bagi lagi menjadi tiga, yaitu :

Rumus Keliling dan Luas Segitiga

Rumus Keliling dan Luas Segitiga

  1. Segitiga sama kaki, yaitu segitiga yang memiliki dua sisi sama panjang sehingga membentuk seperti sepasang kaki.
  2. Segitiga sama sisi, yaitu segitiga yang ke tiga sisinya memiliki panjang yang sama. Pada dasarnya segitiga inilah yang paling mudah untuk dikerjakan karena memiliki rumus yang paling simpel.
  3. Segitiga sembarang, yaitu segitiga yang panjang dari setiap sisinya bisa berbeda – beda. Sehingga bisa di bilang jika segitiga sembarang merupakan segitiga yang paling repot untuk dikerjakan. Saya juga sedikit malas untuk mengerjakan segitiga jenis ini.

Baik, langsung saja kita ke pembahasan yang pertama yaitu rumus keliling segitiga.

Rumus Keliling Segitiga

Pada dasarnya, rumus keliling dari segitiga adalah rumus yang menjumlahkan semua panjang dari tiap – tiap sisi segitiga. Sehingga rumus ini berlaku untuk semua jenis segitiga, baik itu segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, maupun segitiga sembarang. Sehingga rumus keliling segitiga dapat dituliskan sebagai berikut :

Keliling Segitiga = s1 + s2 + s3

Dengan keterangan rumus :

s1 = sisi pertama

s2 = sisi kedua

s3 = sisi ketiga

Lalu bagaimana dengan rumus luasnya? Akan kita bahas rumus nya pada pembahasan dibawah

Rumus Luas Segitiga Sama Kaki

Rumus luas untuk segitiga sama kaki sangatlah mudah untuk dikerjakan. Pada dasarnya segitiga sama kaki dapat dibagi lagi ke dalam dua bangun segitiga yang simetris, yaitu segitiga siku – siku. Sehingga kita bisa mendapatkan luas dari segitiga sama kaki dengan mengali dua luas segitiga siku – siku tadi, sehingga rumus nya pun menjadi seperti berikut :

Luas segitiga sama kaki = 2 x Luas segitiga siku – siku

Luas segitiga sama kaki = 2 x (1/2 x alas x tinggi)

atau bisa disingkat menjadi alas x tinggi saja.

Bagaimana, Mudah bukan?

Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Sekarang kita lanjut pada pembahasan rumus luas untuk segitiga sama sisi.  Untuk rumus nya akan sedikit berbeda dengan rumus lainnya. Pada dasarnya rumus nya akan seperti dibawah ini :

Rumus segitiga sama sisi

Dengan keterangan rumus sebagai berikut :

a = panjang sisi dari segitiga sama sisi

Rumus Luas Segitiga Sembarang

Nah kita masuk ke rumus luas segitiga sembarang, rumus yang agak sedikit rumit karena setiap sisi nya memiliki panjang yang berbeda – beda. Untuk rumus nya adalah seperti berikut :

rumus luas segitiga sembarang

rumus luas segitiga sembarang

Dengan keterangan rumus :

s = 1/2 dari keliling segitiga

a = sisi pertama

b = sisi kedua

c = sisi ketiga

Jadi, kurang lebih seperti itulah rumus dari luas dan keliling segitiga (Sama sisi, Sama kaki, Sembarang) yang bisa saya jelaskan kepada teman – teman. Pada kesempatan selanjutnya akan kita bahas mengenai contoh soalnya ya. Semoga bisa membantu teman – teman dalam mempelajari segitiga ya.

Rumus Mencari Keliling dan Luas Segitiga (Sama Sisi, Sama Kaki, Sembarang) | Coffee Addict | 4.5